FOR 18+FOR 18+
Jika anda ada keperluan/kepentingan pada admin, silahkan posting di facebook fanspage kami, Klik disini.

Rabu, 04 September 2013

Mengapa Manusia Memiliki Kotoran Telinga?

Mengapa manusia memiliki kotoran telinga? Istilah medis dari kotoran telinga atau tahi kuping adalah serumen. Kita semua memiliki kotoran telinga, akan tetapi sebagian orang memiliki kotoran telinga lebih banyak dari orang lain. Kotoran tersebut merupakan sel-sel kulit kering atau mati digabungkan dengan sekresi atau kotoran yang keluar dari kulit telinga. www.seranik.blogspot.com

 
Kotoran di dalam telinga kita ada karena satu alasan—ia menghambat debu dan kotoran lainnya serta mencegahnya masuk ke dalam gendang telinga (struktur lembut yang menangkap getaran suara dan membantu kita untuk mendengar).
 
Ada dua macam kotoran telinga—basah dan kering. Kotoran telinga yang basah biasanya berwarna agak terang atau cokelat gelap dan sedikit lengket. Sedangkan tahi kuping yang kering berwarna abu-abu agak putih dan biasanya berbentuk kerak.
 www.seranik.blogspot.com
Kotoran telinga tersusun dan biasanya terbuang dari telinga ketika kita mandi atau kena hujan. Jika kita mendorong kotoran telinga ke dalam telinga dengan kapas penyeka, maka kotoran telinga itu akan menumpuk dan akan menjadi terjepit, atau berubah menjadi keras.

 

Kotoran telinga yang sudah mengeras ini bisa mengganggu pendengaran kita atau akan menyebabkan iritasi terhadap lapisan saluran telinga dan bisa menyebabkan infeksi terhadap telinga bagian luar atau saluran telinga (otitis externa).

ARTIKEL TERKAIT:

Share this article now on :